Monday, October 15, 2007

Khutbah Idul Fitri 2007


Khutbah Idul Fitri kali ini disampaikan oleh ust. Khalid Muslih, MA, diselenggarakan di masjid Elsalam, distik 10, Nasr City, Cairo Mesir, dengan pokok isinya sbb. :

Allahu Akbar 9X
Gema takbir terkumandang memenuhi angkasa, pertanda bahwa waktu ibadah Ramadan telah berakhir.
Selamat berbahagia bagi yang telah sabar, tekun dan lulus menjalani berbagai bentuk ibadah satu bulan Ramadan lalu.
Kebalikannya, akan sangat kecewa dan merugi, bagi orang yang tidak optimal dalam beribadah satu bulan suci itu, apalagi jika sengaja melecehkan makna bulan yg dijadikan lebih baik daripada seribu bulan itu. Tentu diancam dengan siksa api neraka.
Idul Fitri merupakan awal lembaran hidup baru, dengan suasana suci atau fitrah. Orang yang kembali ke fitrah semestinya cinta kepada kebenaran, kejujuran, keadilan dan persatuan. Tidak suka kepada kepalsuan, kedloliman, kebohongan dan perpecahan.
Jiwa yang fitrah ini harus kita jaga. Caranya melalui Iman, Taqwa dan Amal Sholeh, serta dengan melalukan introspeksi diri.
Dalam berintrospeksi itu kita menghitung mana yang lebih banyak, kebaikan kita apa kejelekannya, ibadah dan amal kita apa maksiat dan dosa kita, sehingga kita bisa terdorong untuk menambah sisi kebaikan daripada sisi kemaksiatan.
Kita patut berkompetisi sesama kita, dalam beribadah, beramal baik dan juga dalam beruat jasa kepada orang lain.
Agar dapat mencapat tujuan ibadah kita, kembali kepada fitrah dan mencapai takwa adalah, semestinya kita bergaul dengan orang-orang baik, orang jujur, sholeh, tekun bekerja dan giat belajar, orang yg produktif bukan bergaul dengan pemalas apalagi para pelaku kerusakan dan dlolim.
Umat Islam yang fitrah ini, hendaknya tidak memelihara rasa iri dan dengki dalam hati, tapi justru selalu cinta memaafkan, rasa toleransi dan suka menggalang kebersatuan. Jika hal itu terwujud maka masyarakat akan lebih aman, bersatu dan saling tolong menolong.
Dalam Idul Fitri ini kita perlu prihatin terhadap nasib umat Islam dan umat manusia pada umumnya, yang belum merasa bahagia, seperti nasib bangsa palestina, bangsa Irak, bangsa Afganistan dll.
Kita berdoa kepada Allah, untuk kita, dan untuk ummat Islam pada umumnya. Akhirnya selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

1 comments: