Monday, October 1, 2007

Ceramah Terawih 30 Sept 2007


Hari Minggu 30 Sept 2007. Ceramah disampaikan oleh bapak saya hehhe gantiin Ustdnya, soalnya Ustadnya sedang berhalangan. Ust Noor Khalis Mukti.
Dengan judul : Meningkatkan kualitas Ibadah kita.
Ringkasannya ialah:
Bahwa untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan kita maka sebaiknya
- Sejak berangkat dari rumah boleh juga setelah shalat terawih dan sholat witir kita berniat untuk i'tikaf sambil mendengarkan ceramah atau sambil membaca Qur'an. Niat tersebut membuat pahala kita lebih besar dari pada biasanya tidak dengan niat i'tikaf.
Iman, Islam Dan Ikhsan adalah risalah islamiyah, maka kita sebagai ummat islam dalam bulan ramdhon yang berbarokah ini kesempatan yang sangat berharga untuk mendidik diri sampai kederajat Ikhsan sehingga bisa meningkatkan kwalitas ibadah dan keimanan kita.
- Ramadhon adalah mengembalikan manusia kepada fitrah.
- Setiap manusia yang lahir semuanya adalah fitrah. Dan kalau dia jadi kristen/yahudi/nasrani/kafir dan lain sebagainya itu disebabkan orang tuanya yang mendidik ke agama yang lain.
-Rasulullah SAW diutus ke bumi untuk menyempurnakan akhlak atau budi pekerti yang mulia.
-Akhlak itu bukan di hapal, tapi dibiasakan. Oleh karena itu jika ada anak yang kasar, nakal itu disebabkan terbiasa melihat orang tuanya atau lingkungannya yang terbiasa bersifat seperti itu.
-Agama islam adalah mengajarkan akhlak yang mulia dan norma-norma kemanusiaan, Ia menanamkan pada jiwa setiap muslim untuk berbudi pekerti yang baik.
- Contoh dalam hadits yang tidak mempunyai norma kemanusiaan, ada orang yang rajin sholat, sangat baik. Tetapi dia masuk neraka, Sebab dia telah mengurung kucing sampai sakit dan mati dikarenakan kucing tersebut tidak diberi makan.

0 comments: