Tuesday, October 9, 2007

Ceramah Terawih 7 Oktober 2007


Hari Minggu 7 Oktober 2007. Ceramah disampaikan oleh Ust Hasinuddin Azali. Dengan judul : Ujian dan Berbagai Cobaan dari Allah.

Ringkasan Ceramah tsb:
- Cobaan hidup itu tidak bisa ditawar - tawar lagi.
- Dengan cobaan hidup seseorang dapat menjadi dewasa dalam berbuat sesuatu dan bersikap.
- Kita harus menyadari, sehebat apapun kita, kita tetap manusia. Dan kita harus mempunyai rasa tawakkal.
- Ada berbagai jenis cobaan diantaranya yaitu cobaan pada keluarga, anak. pelajar, pegawai dsb.
-Contoh :1.Nabi Ibrohim yang diuji oleh Allah untuk menyembeleh putranyanya Ismail.
2. Nabi Nuh mendapat cobaan bahwa keluarganya tidak mau mendengarkan nasihatnya.

- Kita harus siap setiap saat untuk dipanggil yang Maha Kuasa, karena ajal datang tidak ditentukan waktunya. Maka dari itu kita harus selalu berbuat baik dalam dunia ini, karena hanya perbuatan baik dan amal sholehlah yang dapat menolong kita di Akhirat nanti.
- Rasulullah SAW dalam hidupnya dari sejak kecil sampai beliau meninggal dunia sangat sering terkena cobaan, tapi beliau selalu bersabar dan bertawakal.

- Ada jenis ujian/cobaan dalam bentuk harta. Seperti orang kaya tidak boleh senang-senang begitu saja harus ingat bahwa harta adalah titipan Tuhan, maka kewajiban orang kaya adalah menyalurkan hartanya pada kebaikan jangan sampai disalurkan pada kemaksiatan.

- Orang kafir,Nasrani dan juga orang-orang yang merasakan tidak mempercayai Tuhan atau tidak memerlukan Tuhan, pada waktu dalam keadaan sulit atau ketika mendapat cobaan pasti mereka akan sangat memerlukan Tuhan.

0 comments: